skenario pembelajaran singkat tentang perbandingan senilai dan perbandingan berbalik nilai
a.
Siswa di bentuk menjadi 4 kelompok
b.
2 kelompok diberi permasalahan
perbandingan senilai dan 2 kelompok lagi diberi perbandingan berbalik nilai
c.
2 kelompok diberikan pertanyaan yang
kontekstual dan mengandung permasalahan perbandingan senilai yang dekat dengan
keseharian siswa, misalnya :
1.
harga 3 kg
rambutan adalah Rp 12.000,00, tentukan harga 4 kg
2.
rambutan. harga
7 kg telur adalah Rp 14.000,00, tentukan 2 kg telur.
Siswa diminta mencari
penyelesaiannya dengan berdiskusi dalam kelompok masing-masing.
d.
2 kelompok lain diberikan pertanyaan
yang kontekstual dan mengandung permasalahan perbandingan berbalik nilai yang
dekat dengan keseharian siswa, misalnya :
1. Jika seorang peternak mempunyai cadangan makanan
selama 5 hari untuk 60 ekor sapi, kemudan peternak tersebut menambal lagi
peliharaannya menjadi 75 ekor, berapa harikah makanan tersebut akan habis ?
2. Seorang peternak mempunyai cadangan makanan untuk 50
sapi selama 4 hari, jika peternak tersebut menjual beberapa sapinya kemudian
tersisa 40 ekor, berapa harikah cadangan makanan tersebut akan habis ?
Siswa diminta menyelesaikannya
permasalahan tersebut dengan mengkonkritkan dengan menarik perbandingan dari
permasalahan.
e.
Masing-masing kelompok menampilkan hasil diskusi
mereka dan menuliskannya ke dalam masing-masing tabel tiap kelompok
f.
Bersama dengan siswa memeriksa hasil kerja kelompok
dan membandingkan hasil kerja ke-4 kelompok yang ditampilkan
g.
Guru meminta siswa menalar tentang penyelesaian soal
tadi dan bagaimana bentuk hitungan perbandingannya.
h.
Siswa menarik kesimpulan tentang perbandingan senilai
dan berbalik nilai dari hasil kerja kelompok tadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar